Desa Hilir Muara Raih Penghargaan Juara 3 Lomba Desa Pangan Aman Nasional

  Foto : Kepala  Desa Hilir Muara Kotabaru Drs. Usman,  didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kotabaru Erwin Simanjuntak,  bersama Staf Ahli Bid...

 

Foto : Kepala Desa Hilir Muara Kotabaru Drs. Usman,  didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kotabaru Erwin Simanjuntak,  bersama Staf Ahli Bidang Pemerintahan Kotabaru Zaenal Arifin ketika menerima penghargaandi Auditorium Gedung Merah Putih Lantai 8, Kantor BPOM RI Jakarta Pusat. (Istimewa)

 

Kotabarau ( Kodoknews) - Desa Hilir Muara berhasil meraih penghargaan sebagai Juara 3 dalam Lomba Desa Pangan Aman Nasional yang diselenggarakan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), yang berlangsung di Auditorium Gedung Merah Putih Lantai 8, Kantor BPOM RI Jakarta Pusat pada Jum'at  (21/06/2024)

Penghargaan  diserahkan langsung oleh Direktur Pemberdayaan Masyarakat dan Pelaku Usaha Pangan Olahan, Ema Setyawati, S.Si., Apt yang diterima langsung oleh Kepada Desa Hilir Muara Kotabaru Drs. Usman, Dp,. Mpd dengan didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kotabaru Erwin Simanjuntak, SKM, MAP bersama Staf Ahli Bidang Pemerintahan Kotabaru Zaenal Arifin, S. STP., M. Si.

Ini merupakan bukti nyata dari komitmen dan kerja keras seluruh warga desa  dalam rangka rangkaian dari Program Sapa (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Sadar Pangan Aman), dimana penilaian Lomba Desa Pangan Aman  tersebut dilaksanakan pada bulan Februari hingga Mei 2024 oleh tim penilai dari Kementrian Koordinasi Bidang PMK, Kementrian Dalam Negeri, Kementrian Pertanian, Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kementrian Kesehatan, BKKBN Badan Pangan Nasional dan Badan Pengawasan Obat dan Makanan.

Selain itu, Desa Hilir Muara juga aktif melakukan pengawasan terhadap produk pangan yang beredar di pasar tradisional dan warung-warung. Melalui kolaborasi dengan BPOM dan dinas kesehatan setempat, desa ini rutin melakukan inspeksi dan pengujian sampel pangan untuk memastikan tidak ada kandungan bahan berbahaya yang dapat membahayakan kesehatan konsumen.

Perjalanan Desa Hilir Muara menuju prestasi ini tidaklah mudah. Sejak awal, desa ini telah mengimplementasikan berbagai program untuk memastikan keamanan pangan bagi warganya. Salah satunya adalah Program Edukasi Pangan Sehat, yang memberikan penyuluhan dan pelatihan kepada para petani dan produsen pangan tentang pentingnya praktik pertanian yang baik serta cara penanganan pangan yang higienis.

Puncak dari usaha keras ini adalah saat tim penilai dari BPOM mengunjungi Desa Hilir Muara untuk melakukan evaluasi. Mereka terkesan dengan berbagai inovasi yang diterapkan oleh desa, seperti sistem pelaporan cepat untuk kasus keracunan makanan, dan upaya desa dalam mengembangkan pertanian organik.

Pada saat acara penyerahan penghargaan di Jakarta, Kepala Desa Hilir Muara, Drs Usman Pahero , menyatakan rasa bangganya atas pencapaian ini. “Penghargaan ini adalah hasil dari kerja keras dan kerjasama seluruh warga desa.

"Kami berharap ini bisa menjadi inspirasi bagi desa-desa lain untuk terus berinovasi dalam menjaga keamanan pangan,” ujar Usman Pahero



Penghargaan tersebut diraih juga atas dukungan dan komitmen Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar, SH yang tertuang dalam kesepakatan Bersama antara Badan Pengawas Obat dan Makanan dengan Pemerintah Kabupaten Kotabaru Nomor HM.03.01.22A.22A4.09.21.4798 Nomor 3 Tahun 21 tentang Pengawasan Obat dan Makanan Terpadu di Wilayah Kabupaten Kotabaru bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kotabaru dan Dinas-Dinas terkait.

 " Saya juga mengucapkan kepada  Dinas Kesehatan Kotabaru dalam bentuk Pengawasan Keamanan Pangan, Pengawasan Terhadap Industri Rumah Tangga Pangan, pengawasan dalam hal ini tidak menggunakan bahan berbahaya dalam pengolahan makanan, terselenggaranya Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), Penanggulangan KLB Keracunan Pangan, serta fasilitas sanitasi di area publik." Ungkapnya.

Saat ini, Desa Hilir Muara mewakili Kabupaten Kotabaru dalam Lomba Desa Pangan Aman Tingkat Nasional Tahun 2024 ditetapkan sebagai juara 3 dari beberapa Desa yang masuk nominasi lomba,  sedangkan Juara 1 Bali dan Juara 2 Mamuju.

(Tim*/kodoknews)

COMMENTS

BLOGGER
Nama

ADVENTURIAL,214,BERITA PHOTO,26,BUDAYA DAN LINGKUNGAN,285,GALERI VIDEO,57,kecamatam,1,KECAMATAN,204,PEMERINTAHAN,978,
ltr
item
Kodoknews.com: Desa Hilir Muara Raih Penghargaan Juara 3 Lomba Desa Pangan Aman Nasional
Desa Hilir Muara Raih Penghargaan Juara 3 Lomba Desa Pangan Aman Nasional
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg8mDues_eBdOEtF8QatmZwQUTol42T5YL7JN-Anfmme-EF6gZh0Y8t2ggb_-FYtnuSUxk1HZS50XalAJQ1-tzpkhsAQD_LG_iiMMy95FxJ-RznEnRF0SotLgJfkKK3N9vU3B_AVNN4hPd4-XTyVmsRt-gsX8fqz1Xvsz-m-VKiHlAsxWNqeCVcHw1Pditi/s320/WhatsApp%20Image%202024-06-22%20at%2010.25.39.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg8mDues_eBdOEtF8QatmZwQUTol42T5YL7JN-Anfmme-EF6gZh0Y8t2ggb_-FYtnuSUxk1HZS50XalAJQ1-tzpkhsAQD_LG_iiMMy95FxJ-RznEnRF0SotLgJfkKK3N9vU3B_AVNN4hPd4-XTyVmsRt-gsX8fqz1Xvsz-m-VKiHlAsxWNqeCVcHw1Pditi/s72-c/WhatsApp%20Image%202024-06-22%20at%2010.25.39.jpeg
Kodoknews.com
https://www.kodoknews.com/2024/06/desa-hilir-muara-raih-penghargaan-juara.html
https://www.kodoknews.com/
https://www.kodoknews.com/
https://www.kodoknews.com/2024/06/desa-hilir-muara-raih-penghargaan-juara.html
true
1881365274620065714
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy