Terakhir Bulan Safar, Pemkab Gelar Doa Tolak Bala Keliling

Kotabaru - Kodoknews,- Pemerintah Kabupaten Kotabaru melalui Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kotabaru Gelar Pembacaan Burdah dan Do'a To...



Kotabaru - Kodoknews,- Pemerintah Kabupaten Kotabaru melalui Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kotabaru Gelar Pembacaan Burdah dan Do'a Tolak Bala Keliling yang setiap Tahun di Rabu Akhir Bulan Safar selalu di Gelar sebagai bentuk berikhtiar kepada Allah SWT untuk menghindari bencana ataupun musibah.

Adapun kegiatan ini  di lepas dan diPimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kotabaru Drs. H. Said Akhmad, MM yang diikuti Ribuan warga terdiri dari Majelis Ta'lim serta pelajar yang dimulai dari Halaman Atas Objek Wisata Siring Laut, Selasa (Malam Rabu, 03/09/2024).

Pembacaan Burdah Keliling dan Do'a Tolak Bala ini diawali dengan Pembacaan Surah Yasin diPimpin Ketua MUI Kotabaru KH. Mukhyar Darmawi.

Peringatan Arba Mustamir bagi masyarakat Islam  Indonesia, khususnya Kabupaten Kotabaru yang selalu melaksanakan kegiatan tersebut tentu bukan hal asing lagi.

Dimana dalam tradisi ini, masyarakat Kotabaru berkeliling dengan diawali Aszan dan pembacaan Shalawat Burdah yang dimulai dari Siring Laut Kotabaru, Jalan H. Agus Salim, Jalan Sukmaraga, Jalan Singabana, Jalan Fatmaraga, Jalan Ponegoro, Jalan Pangeran Hidayat, Jalan Surya Gandamana, Jalan depan Pasar Limbur Raya, dan Finis S-Walk Siring Laut Kotabaru.

Pembacaan Burdah Keliling ini dibagi dalam 3 ring, dimana untuk Ring pertama diPimpin Guru H. Muzakir dan Guru Sahran bersama Sekretaris Daerah Kotabaru Drs. H. Said Akhmad, MM. Ring ke dua diPimpin Guru H. Fadlan, Guru Fahrian dan Guru Sibuaih. Untuk Ring ke tiga di Pimpin Ibu Syarifah Mahja dan Ibu Hj. Silo.

Tujuan membaca burdah keliling ini untuk berdo'a menolak bala pada Arba Musta’mir dan sebagai bentuk beriktiar kepada Allah SWT dalam meminta perlindungan dari musibah maupun bencana.

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Kotabaru Drs. H. Said Akhmad, MM menyebutkan kegiatan ini sebagai kegiatan yang baik. Pasalnya, seluruh masyarakat berkumpul bersama, memanjatkan doa kepada Allah Swt, dan memohon keselamatan serta dijauhkan dari bala bencana dan mara bahaya.

"Untuk Kabupaten Kotabaru tentu acara ini harus kita lakukan dengan penuh Kekhusyuan agar Kotabaru dijauhkan bala bencana oleh Allah SWT, dan mudah-mudahan keberkahan untuk Kabupaten Kotabaru selalu mendapat perlindungan Allah SWT," Harapnya.

Sementara itu, Ketua PHBI Kotabaru H. Baharuddin menjelaskan, Pada hari Arba Mustamir, banyak orang yang membaca Surah Yasin dan mengulang ayat “Salamun Qaulan min Rabbin Rahim” sebanyak 313 kali. Setelah membaca Surah Yasin, doa khusus dipanjatkan untuk memohon keselamatan dari segala macam bahaya selama setahun ke depan.

Disamping itu, Ibu Kisna dari Majelis Ta'lim yang ikut berkeliling, mengatakan, Syair Shalawat Burdah sendiri merupakan syair pujian dan pengagungan terhadap Baginda Nabi Muhammad Rasulullah SAW.

"Sholawat Burdah sendiri menurut Ahlussunnah Wal Jamaah adalah pendingin. Jadi dengan melaksanakan pembacaan sholawat burdah keliling ini situasi menjadi dingin dan Allah turunkan rahmat kepada kita, dan Kabupaten Kotabaru tanah kelahiran saya ini semoga selalu dalam perlindungan Allah SWT," ungkapnya.(*/Kodoknews)




COMMENTS

BLOGGER
Nama

ADVENTURIAL,213,BERITA PHOTO,26,BUDAYA DAN LINGKUNGAN,285,GALERI VIDEO,57,kecamatam,1,KECAMATAN,204,PEMERINTAHAN,978,
ltr
item
Kodoknews.com: Terakhir Bulan Safar, Pemkab Gelar Doa Tolak Bala Keliling
Terakhir Bulan Safar, Pemkab Gelar Doa Tolak Bala Keliling
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjNindPMvYv1zE-ZFOvETBXfvB47x5D-1yR_XMrE_fWQQDubV4M88y0lHb-dUs5ZW37Eh_g2Px3P_J6Hj7JtwojLY5s3DCW8_K0FcW_SV2-61G_WFBkinsnYgwzH7CB3AOfGVpuMvz_itaxFgXRqkRo_NU_CCGcntceMJBwGiM4g6aJzJyRXvkzAeFPKaz9/s320/DSC00276.JPG
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjNindPMvYv1zE-ZFOvETBXfvB47x5D-1yR_XMrE_fWQQDubV4M88y0lHb-dUs5ZW37Eh_g2Px3P_J6Hj7JtwojLY5s3DCW8_K0FcW_SV2-61G_WFBkinsnYgwzH7CB3AOfGVpuMvz_itaxFgXRqkRo_NU_CCGcntceMJBwGiM4g6aJzJyRXvkzAeFPKaz9/s72-c/DSC00276.JPG
Kodoknews.com
https://www.kodoknews.com/2024/09/terakhir-bulan-safar-pemkab-gelar-doa.html
https://www.kodoknews.com/
https://www.kodoknews.com/
https://www.kodoknews.com/2024/09/terakhir-bulan-safar-pemkab-gelar-doa.html
true
1881365274620065714
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy